Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tujuan mempelajari Trik SEO untuk Website

TRIK SEO WEBSITE

Kali ini akan dibahas tentang tujuan atau tepatnya adalah kegunaan-dari website anda.Untuk siapa? Pada gilirannya adalah untuk anda, tapi sebelum anda 'mendapat' giliran anda harus 'memberi' dulu. Jadi tujuan atau kegunaan situs ini pada awalnya adalah untuk user/audien.

  • Bagaimana website anda memecahkan masalah utama para target audien-nya?

  • Informasi apa yang disajikan untuk pengguna?

  • Tindakan pengguna apa yang anda inginkan pada tiap halaman yang disajikan, dan bagaimana tindakan ini terkait dengan tujuan utama anda?


  • Mungkin sekarang anda berpikir: itu bukan SEO!

    Tujuan SEO

    Anda benar.Poin-poin di atas memang bukan SEO tradisional. Hanya harus dipahami bahwa SEO sudah sangat banyak berubah sejak beberapa tahun terakhir, saat para pelakunya sadar bahwa SEO hanyalah satu bagian saja dan proses monetisasi situs.

    Tujuan mempelajari Trik SEO untuk Website

    Skill SEO berbeda dengan skill web desain atau copywriting, tetap anda harus tahu elemen keduanya (web desain/copywriting dan SEO) agar hasil SEO terkonversi dengan baik.

    Apa gunanya trafik gratis (dari SEO) kalau tidak ada mekanisme untuk mengubahnya menjadi income?

    Kita akan bicara tentang conversion analysis nanti,untuk saat ini buatlah list tentang:

  • Informasi/fungsi/halaman apa yang akan disajikan situs anda pada penggunanya?

  • Bagaimana poin-poin pertama di atas berperan dalam mencapai tujuan primer (dan sekunder) website anda?

  • Langkah apa yang anda ingin para pembaca lakukan di halaman-halaman tersebut?

  • Setelah membuat list, waktunya mengevaluasi website anda untuk menilai kondisinya saat ini dan membandingkannya dengan kondisi yang seharusnya.

    Analisa Situs yang Sudah Ada (Existing) Evaluasi webite anda dengan mengikuti ceklis berikut:

    Biasanya lebih mudah membangun situs dari nol yang langsung fokus pada konversi dan on-site SEO yang baik daripada mengoptimasi dan mengembangkan situs yang sudah eksis.

    Di sisi lain, existing website biasanya sudah memiliki backlink sehingga upaya link building selanjutnya bisa lebih mudah (atau mungkin masalah saat URL banyak berubah),plus sudah 'dikenal' mesin pencari.

    Kalau sudah dipertimbangkan dengan matang dan ada gambaran tentang tujuan website anda, maka saat redesign adalah waktu yang tepat untuk fokus ulang. Anda bisa melakukan proses SEO, content writing dan konversi sejak dari awal.

    Indikator Keberhasilan dan Monitoring Konsekuensi penetapan tujuan adalah anda juga harus menentukan indikator keberhasilan dan memantau perkembangannya.

    Misal,untuk sebuah situs, saya menetapkan indikator keberhasilannya (dalam 1 tahun) sebagai berikut:

  • 3.000 hits per day. Niche yang digarap punya ruang yang lebih besar, tapi kisaran tersebut kami tetapkan sebagai target minimum.

  • $500 per bulan. Kami menggunakan affliate program,direct advertising dan AdSense.

  • Menempati halaman #1 (top 10) untuk kata kunci utama,dan top 5 untuk kata-kata kunci lapis kedua dan ketiga (long tail keywords).

  • Terbentuk komunitas (forum) dengan sedikitnya 250-500 member aktif.


  • Tujuan di atas sangat mungkin dicapai, itu adalah target minimum (trafik dan revenue) yang bisa kami harapkan kalau melakukannya secara fulltime.

    Target audiens dalam menggunakan Trik SEO untuk Website

    Untuk sebagian item seperti AdSense dan keyword ranking, tujuan anda mungkin sangat berbeda,tergantung pada seberapa kompetitif target niche dan sebanyak apa trafik harian yang bisa diharapkan dari kata-kata kunci yang diincar.

    Posisi #1 untuk keyword populer bisa menghasilkan 10.000 hits per day dengan mudah, tapi kompetisinya juga pasti sengit.

    Anda harus melakukan keyword research dan analisa persaingan sebelum bisa mematok indikator keberhasilan.

    Kalau indikator keberhasilan sudah ditentukan,lakukan monitoring bulanan (untuk trafik dan search ranking akan kami tunjukkan tools-nya).

    Kalau tidak terlihat ada perkembangan setiap bulannya, maka anda harus melakukan evaluasi dan cari tahu di mana masalahnya.
    Setelah anda memutuskan tujuan SEO-isasi, maka langkah selanjutnya adalah menentukan siapa target audien website anda.
    Tidak masalah apakah situs tersebut menjual sepatu atau hendak menggalang dana, anda harus menentukan siapa target pengunjungnya.

    Biasanya orang menggambarkan target audience secara luas, misal:


    • Seorang developer software pembuat resume/CV misalnya mendefinisikan pengunjung situsnya sebagai orang-orang yang butuh resume yang lebih baik.

    • Perusahaan yang menjual peralatan stereo high end mendefinisikan audien situsnya sebagai para penggemar audio fanatik.


    Sebetulnya akan lebih sederhana dan lebih berpeluang sukses nantinya kalau menentukan jenis audiens yang lebih spesifik, kemudian membangun image dari karakter audien tersebut dan melayani klien dari audien spesifik tersebut.

    Beliau berpikir lagi tentang tujuan dan target audiennya, kemudian sampai pada kesimpulan bahwa dia akan lebih mem-fokuskan keahlian desainnya ada software ngeblog populer saat ini,WordPress.

    Langkah cerdas, karena makin banyak orang yang beralih menggunakan WordPress sebagai platform blogging, kemudian semakin banyak juga perusahaan yang mulai ngeblog sebagai bagian dari strategi pemasaran dan branding.

    Maka desainer berkualitas seperti Mbah Urip akan selalu dibutuhkan.

    Mbah Urip kemudian juga memutuskan bahwa ia akan mengincar komunitas lokal dulu, agar bisa membangun profil dirinya (branding), dan kemudian memanfaatkan profil tersebut sebagai landasan.

    Anda tidak harus meniru langkah 'go local' Mbah Urip ini, tapi idenya memang bagus yaitu memberi perhatian pada komunitas sendiri dulu (memilih ceruk pasar yang lebih sempit untuk tahap awal).

    Biasanya menggarap ceruk lokal jauh lebih mudah karena kondisinya lebih dipahami, kemudian penguasaan ini juga bisa memberi momentum kuat untuk menguasai segmen yang lebih besar di masa yang akan datang.

    Sekedar catatan dalam mempelajari Trik SEO untuk Website

    Search Engine Optimization bukanlah program 'cepat kaya', juga bukan aktivitas jangka pendek yang hanya memberi hasil sementara dengan resiko di-blacklist oleh mesin pencari.

    Demikianlah artikel mengenai Trik SEO untuk Website yang kami jelaskan secara sederhana dan tujuannya.

    Semoga bermanfaat dan menambah ilmu dalam dunia SEO.
    Jasa SEO dan Website Bekasi
    Jasa SEO dan Website Bekasi Jasa SEO Bekasi paling murah dengan menggunakan platform Blogspot dan Wordpress agar mencapai ranking satu di mesin pencari/penelusuran Google.Apabila anda membutuhkan jasa SEO di Bekasi dan Desainer paling jago dalam jasa buat situs,website.Serahkan kepada kami pembuatannya !!. Google telah mengupgrade analytics dan alogaritma nya,siasatnya yaitu dengan menggunakan teknik terbaru SEO Google 2020. Kami adalah team yang berpengalaman di bidang Jasa SEO dan pembuatan website/situs setelah sukses menjadi Blogger Bekasi, dari tahun 2010 dan eksis hingga sa'at kini,tetapi baru mencetuskan serta mempromosikannya di era milenial ini. Teknik SEO sangat berguna sekali untuk segala kebutuhan promosi jualan produk maupun jasa atau instansi pemerintah daerah,situs sekolah/kampus dan lainnya, blog atau wordpress anda pastinya akan lebih populer sesudah di optimalkan SEO-nya, bukan hanya untuk promosi situs saja tetapi dapat juga untuk membuat situs yang berisi tulisan artikel bermanfa'at yang tadinya tidak naik di halaman mesin pencarian atau penelusuran Google,insha Allah dalam jangka waktu beberapa jam,hari,minggu,bulan dapat masuk di halaman mesin pencarian entah itu di page 1,2,3 sampai 5.

    Posting Komentar untuk "Tujuan mempelajari Trik SEO untuk Website"