Tujuan mempelajari Trik SEO untuk Website
TRIK SEO WEBSITE
Kali ini akan dibahas tentang tujuan atau tepatnya adalah kegunaan-dari website anda.Untuk siapa? Pada gilirannya adalah untuk anda, tapi sebelum anda 'mendapat' giliran anda harus 'memberi' dulu. Jadi tujuan atau kegunaan situs ini pada awalnya adalah untuk user/audien.Mungkin sekarang anda berpikir: itu bukan SEO!
Anda benar.Poin-poin di atas memang bukan SEO tradisional. Hanya harus dipahami bahwa SEO sudah sangat banyak berubah sejak beberapa tahun terakhir, saat para pelakunya sadar bahwa SEO hanyalah satu bagian saja dan proses monetisasi situs.
Tujuan mempelajari Trik SEO untuk Website
Skill SEO berbeda dengan skill web desain atau copywriting, tetap anda harus tahu elemen keduanya (web desain/copywriting dan SEO) agar hasil SEO terkonversi dengan baik.Apa gunanya trafik gratis (dari SEO) kalau tidak ada mekanisme untuk mengubahnya menjadi income?
Kita akan bicara tentang conversion analysis nanti,untuk saat ini buatlah list tentang:
Setelah membuat list, waktunya mengevaluasi website anda untuk menilai kondisinya saat ini dan membandingkannya dengan kondisi yang seharusnya.
Analisa Situs yang Sudah Ada (Existing) Evaluasi webite anda dengan mengikuti ceklis berikut:
Biasanya lebih mudah membangun situs dari nol yang langsung fokus pada konversi dan on-site SEO yang baik daripada mengoptimasi dan mengembangkan situs yang sudah eksis.
Di sisi lain, existing website biasanya sudah memiliki backlink sehingga upaya link building selanjutnya bisa lebih mudah (atau mungkin masalah saat URL banyak berubah),plus sudah 'dikenal' mesin pencari.
Kalau sudah dipertimbangkan dengan matang dan ada gambaran tentang tujuan website anda, maka saat redesign adalah waktu yang tepat untuk fokus ulang. Anda bisa melakukan proses SEO, content writing dan konversi sejak dari awal.
Indikator Keberhasilan dan Monitoring Konsekuensi penetapan tujuan adalah anda juga harus menentukan indikator keberhasilan dan memantau perkembangannya.
Misal,untuk sebuah situs, saya menetapkan indikator keberhasilannya (dalam 1 tahun) sebagai berikut:
Tujuan di atas sangat mungkin dicapai, itu adalah target minimum (trafik dan revenue) yang bisa kami harapkan kalau melakukannya secara fulltime.
Target audiens dalam menggunakan Trik SEO untuk Website
Untuk sebagian item seperti AdSense dan keyword ranking, tujuan anda mungkin sangat berbeda,tergantung pada seberapa kompetitif target niche dan sebanyak apa trafik harian yang bisa diharapkan dari kata-kata kunci yang diincar.Posisi #1 untuk keyword populer bisa menghasilkan 10.000 hits per day dengan mudah, tapi kompetisinya juga pasti sengit.
Anda harus melakukan keyword research dan analisa persaingan sebelum bisa mematok indikator keberhasilan.
Kalau indikator keberhasilan sudah ditentukan,lakukan monitoring bulanan (untuk trafik dan search ranking akan kami tunjukkan tools-nya).
Kalau tidak terlihat ada perkembangan setiap bulannya, maka anda harus melakukan evaluasi dan cari tahu di mana masalahnya.
Setelah anda memutuskan tujuan SEO-isasi, maka langkah selanjutnya adalah menentukan siapa target audien website anda.Tidak masalah apakah situs tersebut menjual sepatu atau hendak menggalang dana, anda harus menentukan siapa target pengunjungnya.
Biasanya orang menggambarkan target audience secara luas, misal:
- Seorang developer software pembuat resume/CV misalnya mendefinisikan pengunjung situsnya sebagai orang-orang yang butuh resume yang lebih baik.
- Perusahaan yang menjual peralatan stereo high end mendefinisikan audien situsnya sebagai para penggemar audio fanatik.
Sebetulnya akan lebih sederhana dan lebih berpeluang sukses nantinya kalau menentukan jenis audiens yang lebih spesifik, kemudian membangun image dari karakter audien tersebut dan melayani klien dari audien spesifik tersebut.
Beliau berpikir lagi tentang tujuan dan target audiennya, kemudian sampai pada kesimpulan bahwa dia akan lebih mem-fokuskan keahlian desainnya ada software ngeblog populer saat ini,WordPress.
Langkah cerdas, karena makin banyak orang yang beralih menggunakan WordPress sebagai platform blogging, kemudian semakin banyak juga perusahaan yang mulai ngeblog sebagai bagian dari strategi pemasaran dan branding.
Maka desainer berkualitas seperti Mbah Urip akan selalu dibutuhkan.
Mbah Urip kemudian juga memutuskan bahwa ia akan mengincar komunitas lokal dulu, agar bisa membangun profil dirinya (branding), dan kemudian memanfaatkan profil tersebut sebagai landasan.
Anda tidak harus meniru langkah 'go local' Mbah Urip ini, tapi idenya memang bagus yaitu memberi perhatian pada komunitas sendiri dulu (memilih ceruk pasar yang lebih sempit untuk tahap awal).
Biasanya menggarap ceruk lokal jauh lebih mudah karena kondisinya lebih dipahami, kemudian penguasaan ini juga bisa memberi momentum kuat untuk menguasai segmen yang lebih besar di masa yang akan datang.
Posting Komentar untuk "Tujuan mempelajari Trik SEO untuk Website"
Silahkan Komentar